The Power Generation, Renewable Energy & Electrical Equipment ​Exhibitions

17 - 20 SEPTEMBER 2025

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Solusi Tantangan Transisi Energi lewat PLTS Terapung Saguling

Pembangkit listrik tenaga surya terapung di Waduk Saguling, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang ditargetkan beroperasi komersial pada 2026, menjadi salah satu proyek pengembangan energi terbarukan penyokong energi bersih nasional. PLTS terapung itu dikembangkan PT PLN Indonesia Power bersama perusahaan pembangkitan listrik asal Arab Saudi, ACWA Power.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Saguling, dengan luas 95 hektar, akan dibangun di permukaan perairan Waduk Saguling. Berkapasitas 95,3 megawatt peak (MWp)/60 MWac, pembangkit itu akan memproduksi listrik 146 gigawatt jam (GWh) per tahun atau setara untuk kebutuhan 66.000 rumah tangga. Pengembangan PLTS terapung itu dimulai 2018 dan pengadaan tahun 2022. Adapun penandatanganan letter of intent (LoI) dilakukan pada Desember 2023.

”Proses saat ini adalah finalisasi dokumen-dokumen untuk penandatanganan perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA),” ujar Manajer Generation Business Development III PLN Indonesia Power (IP) Adi Hirlan Effendi, di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Apabila PPA telah dilaksanakan, pembangunan konstruksi PLTS Terapung Saguling akan didahului proses pendanaan dengan target semua proses finansial dan akunting yang mengarah pada kegiatan tutup buku (financial close) selambatnya pada Maret 2025. Dengan estimasi pengerjaan konstruksi sekitar 15 bulan, operasi komersial ditargetkan pada Juni 2026.

Adi menjelaskan, investasi pembangunan PLTS Terapung Saguling sebesar 75 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun. Sebesar 75 persen dari pendanaan proyek akan berasal dari pinjaman internasional dan sisanya dari PLN Indonesia Power (IP) serta ACWA Power. Dibentuk pula perusahaan patungan PT Indo ACWA Tenaga Saguling dengan kepemilikan 51 persen saham oleh IP dan 49 persen ACWA.

read more…

source: native.kontan.co.id